sepeda fixie

haii agan-agan n sista-sista..
lagi mau nyoba nulis nih.. sebenernya aku suka nulis tapi berhubung setaun ini sibuk sekolah jadi ga pernah nulis. :D
 saat ni aku lagi pengen ngangkat tema tentang sepeda fixie nih atau sering disebut fixed gear.

sebenernya sih aku baru denger nama sepeda ini baru sebulan ini, pertama denger di tipi-tipi, hihi
terus sewaktu ane jalanjalan di zero km (jogja) eh banyak anakanak gaul jaman sekarang yang lagi 'pamer' sepeda yang lagi 'in'ini.
jujur sih pertama liat sepeda ini aku langsung 'naksir' :)
abisnya lucu sih? lucu kenapa? soalnya kalo diliat dari kacamata awam aja, sepeda ini mempunyai keunikan-keunikan misalnya aja dari frame sepeda ini yang mempunyai banyak banget aneka warna-warna.
warnanya bisa kita pilih sesuka hati gan! dari yang standar item, putih, hijau,kuning, merah, bahkan samai pink pun ok!
lalu dari stank nya, dibuat simple dengan stank lurus. tapi banyak juga yang dibuat melengkung kebawah(sepertisepeda balap itu loh!)

lanjut. sebenarnya, apa sih sepeda fixie?
fixie itu sebenarnya berasal dari kata fixed gear.Fixed Gear ini adalah, gear belakang yang dibikin mati dengan hub(as) roda belakang. Jadi pedal sepeda akan ikut berputar saat roda perputar.
Untuk mengerem atau mengurangi laju sepeda, cukup dengan menahan putaran pedal ke arah belakang(untuk yang tidak menggunakan rem depan).
sepeda fixie ini memang mempunyai ciri sederhana, tetapi warnanya dibuat ngejreng (inilah salah satu daya tarik anak muda sekarang untuk memiliki sepeda fixie ini)
sepeda fixie tidak mempunyai rem, jadi kalo kita ingin mengerem sepeda ini ya dengan menahan pedalnya agar tidak berputar.
fixie ini hanya mempunyai satu gear, jadi kalo pedal diputar atau digenjot kedepan makan sepeda akan melaju kedepan, tapi juga sebaliknya klo pedal digenjot kebelakang makan ban akan maju kebelakang (nah lo, bingung ga tuh. he aku juga lum pernah nyoba.)

apa sih sebenarnya keunikan2 sepeda fixie?
selain yang udah ane sebut diatas, fixie mempunyai bentuk yang bisa dibilang sedrhana. gak ada kabel yang malang melintang sperti sepeda-sepeda lain.
frame nya juga terlihat sangat sederhana.dan ga ada embelembelnya jadi ringan. selain itu bannya besarr sekitar 27"(diameternya) tapi tipis.
jadi saat mengendarai si imut  ini sangat ringan, beratnya aja hanya sekitar 11kg.
jadi semakin enak aja mengendarai fixie ini.

sepeda fixie atau kalo orangorang jaman dahulu sering disebut dooltrapp ini, haruslah hati-hati mengendarainya. kita harus membiasakan dulu mengendarainya.
dan kudu di pikirpikir ulang deh kalau mau naik dooltrapp modern ini dijalan yang rada ekstrim (tanjakan/turunan tajam)

kayaknya sepeda ini memang didesain untuk gaya-gayaan aja. tapi aku masih tertarik untuk memilikinya, :)
tapi berhubung harganya yang bisa dibilang cukup menguras budget kita untuk ukuran "hanya" membeli sepeda ini yaitu sekitar setidaktidaknya 2,5 juta ini ane pikir pikir dulu dah.
hayo kalo menurut kamu gimana? :D

Share

0 komentar:



Post a Comment